Resesi adalah bagian dari siklus perekonomian. Indonesia sendiri pernah menghadapi resesi sebanyak tiga kali yakni pada 1963, 1998, dan 2020/2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa ekonomi global akan menghadapi badai besar dan dapat mengancam pemulihan ekonomi Indonesia yang sedang berlangsung setelah pandemic covid-19 yang berlangsung selama 2 tahun.

Apa itu resesi global?

Dilangsir dari Wikipedia, resesi global adalah keadaan ekonomi yang berdampak secara global dimana ekonomi tersebut mengalami deselerasi dan penurunan.

Resesi ekonomi juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Apa saja ciri-ciri resesi ekonomi?

1. Pertumbuhan ekonomi menurun

Pertumbuhan ekonomi yang turun selama dua kuartal berturut-turut sehingga pendapatan nasional terganggu.

2. Menurunnya lapangan pekerjaan

Menurunnya lapangan kerja mengakibatkan semakin banyak pengangguran

3. Produksi dan konsumsi masyarat yang tidak seimbang

Masyarakat akan mempriotiskan membeli kebutuhan utama daripada kebutuhan lainnya

Indonesia seperti yang disampaikan Ibu Sri Mulyani memiliki potensi resesi sebanyak 3%. Salah satu cara menjaga keuangan negara untuk memulihkan perekonomian adalah dengan membayar pajak.

Bagaimana cara kita menghadapi resesi global 2023?

Kita dapat mempersiapkan beberapa hal praktis dibawah ini untuk meminimalisir dampak dari kemungkinan resesi ekonomi global terhadap Indonesia

  • Mempersiapkan dana darurat jika memungkinkan. Jumlah dana darurat ini minimal 20% dari biaya kebutuhan hidup setiap bulannya. Angka ini bisa juga dinaikkan bergantung kepada kemampuan masing-masing. Mengapa hal ini penting karena menjaga jika perusahaan tempat kita tutup atau kita terkena phk
  • Mengurangi pengeluaran yang tidak primer dan melunasi hutang secepat mungkin
  • Tidak melakukan kegiatan hutang yang baru dalam bentuk apapun.
  • Memiliki asuransi jiwa atau kesehatan jika memungkinkan. Jika hal ini menyulitkan dapat memulai atau memperpanjang keanggotaan bjps
  • Memulai usaha kecil-kecilan yang minim resiko dengan modal pribadi atau keluarga atau juga sahabat
  • Mengonsumsi produk buatan negeri terutama dari masyarakat terdekat misalnya makanan. Dapat dimulai dari tetangga sendiri.

Rata-rata resesi akan berlangsung selama kurang lebih 11 bulan. Selama masa itu alangkah baiknya selalu mencari sisi positif dari keadaan tersebut karena di setiap masalah pasti selalu ada hikmah dan peluang.

Selamat berjuang dan belajar.